Kawasan kota tua yang berbenah



Jika kita berkunjung kekawasan Kota tua sekarang pasti anda akan mendapati  perubahan yang cukup signifikan dibanding Kota tua beberapa waktu yang lalu.Perubahan itu bisa dilihat dari mulai tertibnya pedagang kaki lima yang dulu semrawut, perubahan fisik meseum yang  bersih dan teratur, juga profesionalitas management pengelola museum .
Beberapa hari yang lalu saya memiliki kesempatan  berkunjung ke kawasan Kota tua Jakarta barat.Setelah kunjungan terakhir saya sekitar setahun yang lalu saya dibuat pangling dengan keadaan  tampilan kota tua sekarang yang lebih tertib ,bersih  dan tertata .Di sepanjang jalan  menuju meseum dibuat banyak fasilitas halte yang terbuat dari kanopi plastik yang digunakan menjadi tempat parkir motor para pengunjung kawasan kota tua.
Memasuki meseum Fatahilah pengunjung disambut beberapa staf meseum berseragam batik yang ramah.dengan hanya dikenakan tiket masuk sebesar 5000 rupiah pengunjung kemudian dibagikan sandal kanvas yang tujuannya  untuk menjaga lantai meseum yang bersih dan  berusia ratusan tahun dari kerasnya permukaan hak sepatu dan sandal pengunjung. Diruang depan pintu masuk terdapat beberapa foto bagaimana proyek pemugaran dan perbaikan meseum sedang berlangsung.Ventilasi meseum tidak pengap dan bau seperti dulu.  Lalu pengunjung diarahkan melewati koridor yang dibuat dengan garis tali menuju tiap sudut meseum. Dari lantai satu menuju tangga  lantai dua,kamar kerja yang digunakan gubernur batavia,ruang foto Batavia tempo dulu,ruang bawah tanah dan  ruang tahanan,  hingga pintu keluar meseum . Semua dibuat layaknya safari sejarah yang runtun dan teratur. Disetiap sudut ditempatkan petugas keamanan berseragam safari hitam yang akan mengarahkan pengunjung bila mana pengunjung tersebut salah jalur.
Nampaknya janji pemerintah kota Jakarta dan  kementerian kebudayaan pariwisata  untuk membangun kota tua sebagai kawasan destinasi wisata yang mandiri dan berdaya saing bukanlah sekedar isapan jempol belaka .Dibandingkan wajah kota tua beberapa waktu yang lalu,kini kawasan kota tua memiliki wajah yang baru dan lebih baik serta profesionalitas  penyuguhan sebagai wisata sejarah dan budaya peninggalan colonial belanda ini.Sungguh upaya yang layak dihargai.





0 Response to "Kawasan kota tua yang berbenah"

Posting Komentar