Berwisata kekebun raya Bogor







Seandainya diminta untuk membuat daftar mana-mana tempat favorit untuk dikunjungi diIndonesia tentu saya akan memasukan Kebun raya Bogor kedalam daftar tersebut Selain candi Borobudur dan pegunungan Dieng diJawa tengah .Alasannya adalah sebagai tempat wisata yang menawarkan suasana tenang,sejuk dan damai , hutan  yang menjadi salah satu cagar alam dalam kota terbesar dan terbaik didunia ini juga  memberikan wisata edukatif yang menjadikan tempat ini sebagai pusat penelitian dan kajian ilmu tentang  Botani.

Saya telah mengunjungi Kebun raya Bogor secara kesinambungan sampai sekarang sejak duduk dibangku sekolah menengah pertama.Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari tempat saya tinggal diBekasi memudahkan saya untuk bisa menyambangi tempat ini di waktu luang.Hanya perlu waktu sekitar satu jam lebih yang ditempuh menggunakan  komuter jabotabek untuk sampai distasiun Bogor.Setelah itu saya menggunakan angkutan kota sekitar 10 menit untuk menjangkau Kebun raya Bogor.

Menurut beberapa sumber yang saya dapat,ternyata keberadaan kebun raya Bogor ini telah ada semenjak abad 14, Yaitu dari  jaman kerajaan sunda SIliwangi. Lewat prastasi batu tulis yang juga ditemukan didalam area Kebun raya Bogor, tertulis didalamnya bahwa kebun raya Bogor dahulu digunakan sebagai tempat untuk menjaga bibit pohon langka dan sebagai cagar pelestarian lingkungan .Fungsi lainnya adalah sebagai samida atau hutan lindung yang menjadi batas antara wilayah bogor dengan Cianjur. Kemudian baru dikembangkan secara serius menjadi hutan lindung yang diperuntukan sebagai kajian ilmu botani pada era kolonial. Tercatat termasuk Sir Thomas Stamford Rafles dari Inggris salah satu pejabat kolonial yang tertarik pada ilmu botani dan mengembangkan Kebun raya Bogor ini antara abad 18 dengan bantuan beberapa pakar ilmu botani dari Eropa dijaman itu.
Tiba didepan gerbang utama pintu masuk Kebun raya Bogor, kesan pertama yang saya tangkap adalah saya seolah sedang dibawa pada zaman era kolonial dahulu.Pintu masuknya  lebih mirip bangunan megah dengan ornament,dekorasi,dan Arsitektur serba bergaya Eropa .Tapi karena kondisi bangunannya yang  baru,bersih dan sangat terawat membuat saya tidak yakin apakah bangunan gerbang tersebut memang dibuat sejak zaman kolonial atau cuma replika yang dibangun agar bisa menghidupkan memori pengunjung Kebun raya Bogor kemasa zaman kolonial yang telah meninggalkan tempat wisata ini sekaligus  pusat penelitian. Setiap pengunjung hanya dikenakan biaya 15.000 rupiah untuk dapat memasuki wisata eksotis tersebut.
Mengingat begitu luasnya keseluruhan area Kebun raya Bogor ,saya menyarankan untuk membuat jadwal atau prioritas mana-mana tempat yang ingin anda datangi dalam kunjungan anda terlebih dahulu. Luas total area kebun raya adalah sekitar 84 Hektare dengan koleksi 15.000 an berbagai jenis pohon dan tanaman.Jadi bisa dibayangkan betapa menyita waktu dan membuang tenaga jika anda sekedar mengelilingi keseluruhan area kebun raya ini yang belum tentu selesai dijelajah dalam waktu seharian dengan landskap dan tekstur permukaan tanahnya yang berbeda-beda:  Ada padang rumput luas,gundukan bukit dan lembah serta ceruk tanah seperti mangkok yang lumayan dalam.
Berikut beberapa tempat yang menjadi ikonik dan magnet daya tarik bagi para wisatawan yang sering berkunjung kekebun raya :
1 . Tugu Lady Rafles
 Tidak jauh dari gerbang masuk utama kebun raya Bogor anda akan menemui sebuah bangunan berkubah dari batu pualam putih yang dibuat secara melingkar dan diberi batas pagar besi setinggi satu meter. Tempat itu adalah bangunan yang khusus dibangun oleh Sir Thomas Stamford Rafles untuk mengenang mendiang istrinya Olivia Marianee yang meninggal diistana Bogor sekarang tahun 1814 akibat wabah malaria.Didalamnya tugu kenangan tertulis nama istri tercinta tahun lahir dan tanggal wafatnya.
2.  Jembatan Gantung Kebun Raya Bogor
Meskipun mitos mengenai kekuatan mistis jembatan yang menyebrangi kali Ciliwung didalamnya tentang kutukan yang akan mengkandaskan hubungan para kekasih yang sedang memadu kasih saat melewati  jembatan gantung bercat warna merah tersebut, namun tempat ini merupakan salah satu ikon yang ada didalam Kebun Raya Bogor . Jika anda salah satu orang yang percaya akan mitos dan urban legend sebaiknya tidak usah pergi kesini jika sedang bersama pasangan….hehehehe
3.Taman kaktus Meksiko
Anda mungkin tidak akan menemukan baik koleksi tumbuhan kaktus sebanyak dan terlengkap ditempat lain diIndonesia selain disini. Mulai dari jenis kaktus berukuran mini hingga yang tinggi menjulang memerapa meter.Tamannya didekorasi begitu indah sehingga anda akan begitu kerasan untuk berada ditaman kaktus ini.
4.Meseum zoology
Sesuai namanya meseum ini berhubungan dengan fauna yang memamerkan beberapa fosil maupun jasad satwa yang diawetkan. Disini terdapat  kerangka binatang laut raksasa seperti ikan Paus dan jasad binatang darat lain yang diawetkan namun tampak seperti hidup.Kunjungan kesini sangat cocok untuk anak-anak sekolah untuk mengajarkan pemahaman serta pengetahuan agar menumbuhkan rasa cinta terhadap fauna baik yang telah punah,masih punah dan fauna yang masih banyak bisa dijumpai.
5.  Makam Belanda
Tentunya kunjungan kemakam ini bukan sebagai tujuan berziarah. tetapi untuk melihat hal baru dan perspektif beda antara makam-makam bangsa Eropa yang konon disini diperuntukan sebagai tempat istirahat terakhir para bangsawan atau pejabat pemerintah koloni ditanah Jawa.Ornamennya yang indah dengan batu nisan yang terukir membuat makam nampak seperti prastasti .Ada sekitar 42 makam yang ada dikompleks pemakaman ini,termasuk 4 makam yang belum teridentifikasi.
6.  Danau Teratai
Tempat ini juga menjadi area yang sering dikunjungi para wisatawan. Biasanya wisatawan akan duduk dipinggir kolam sembari menceburkan kakinya diair kolam sambil memandang daun-daun teratai yang lebarnya melebihi nampan. Jika berkunjung diwaktu yang tepat anda bisa melihat bunga-bunga teratai yang indah.




Dan tentunya masih banyak tempat menarik lainnya diarea kebun raya Bogor yang wajib untuk dikunjungi. Jika anda memiliki waktu dan kesempatan yang luas maka kebun raya Bogor sangat direkomendasikan sebagai tempat yang patut anda kunjungi.

0 Response to "Berwisata kekebun raya Bogor"

Posting Komentar