Nyamannya nenggunakan komuter KRL Jabotabek

suasana disebuah stasiun kereta jati negara,Jakarta timur.Para calon penumpang dengan sabar dan nyaman menunggu kedatangan kereta komuter yang akan mengantar mereka ketempat tujuan.





Mengendarai kereta komuter KRL jabodetabek diluar jam-jam sibuk serasa seperti sedang berkendara menggunakan angkutan massal dinegara-negara maju.Anda cukup duduk manis dikursi empuk yang letaknya melintang berhadapan dengan kursi penumpang diseberang, sambil bermain handphone,mendengar MP3 atau tertidur hingga sampai ditempat tujuan.Tak perlu berpeluh ria karena setiap rangkaian difasilitasi penyejuk ruangan. tak perlu menggigil jijik karena keadaan kereta sangat bersih dan rapi.Dengan hanya membayar tiket sebesar 3500 rupiah dari stasiun Bekasi sampai stasiun Kota, tentu jumlah uang sebesar itu terbilang kecil dibanding  pelayanan yang didapat  dan kenyamanan saat menggunakan jasa kereta komuter listrik Jabodetabek. Berbeda keadaannya bila menggunakan tranportasi massal darat kelas ekonomi lain yang terdapat diJakarta.
Sebagai salah satu moda transportasi angkutan massal yang memiliki daya angkut besar,harga ticket terjangkau dan keuntungan terhindar dari kemacetan jalan-jalan ibu kota, tidak heran apabila kemudian KRL jabodetabek menjadi primadona bagi para komuter dari waktu kewaktu.Seiring perjalannya yang panjang dalam pengabdiannya melayani publik ,moda transportasi yang pernah disebut sastrawan WS rendra dalam lirik sajak puisinya sebagai angkutan transportasi yang merakyat ini lama kelamaan berubah wajah.Dari awal mulanya melekat predikat status angkutan umum kalangan ekonomi kelas bawah yang asal -asalan dari segi pelayanan, kini berubah wajah menjadi angkutan massal yang paling canggih,nyaman dan manusiawi.
semenjak program sterilisasi stasiun kereta api yang digulirkan pihak pengelola kereta api ditahun 2012, wajah moda tranportasi massal ini telah berubah drastis. Tak ada lagi pemandangan yang bisa ditemui ketika saat  menggunakan KRL jabodetabek seperti beberapa tahun lalu . Tak ditemui lagi  pedagang asongan yang berlalu lalang diatas rangkaian kereta listrik berdesakan dengan penumpang menjajakan dagangan mereka. Tak ada pula pengamen dan pengemis yang menggugah rasa iba mengharap kedermawanan dengan segala tingkah polahnya.Yang ditemukan sekarang adalah pemandangan petugas cleaning servise berseragam selang beberapa menit menjumputi sampah-sampah yang dihasilkan oleh penumpang yang tidak disiplin, dan petugas pengaman yang berjaga ditiap gerbong rangkaian meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.
Pembenahan Infrasturktur pada stasiun-stasiun kereta api juga menjadi perubahan yang mencolok.Fasilitas toilet gratis dengan kondisi tolet sebersih mall memanjakan penumpang.Dibeberapa stasiun kereta terdapat fasilitasi mesin ATM serta minimarket.Untuk stasiun kota contohnya,hal unik yang bisa dilihat adalah perpaduan yang berlawanan antara zaman kuno dan zaman modern, dimana stand-stand penjual makanan cepat saji yang modern seperti KFC,MC Donald,Starbucks dan Bakso Malang Oasis menempati bangunan berarsitektur kuno Belanda. Penggunaan sistem tiket elektronik yang mulai diterapkan pada bulan juli 2013 telah memudahkan para calon penumpang sekaligus mengajarkan pada masyarakat pentingnya penerapan  tehnologi untuk kehidupan.

suasana didalam kereta yang bersih

budaya antri pelan-pelan mulai dianut masyarakat kita

Add caption



Rasanya jika mengingat masa-masa berkendara kereta komuter Jabotabek jaman dulu, hal yang kemudian dominan terpikir  adalah rasa tidak percaya jika keadaan transportasi massal kereta listrik ini   akan berubah wujud 180 derajat.Tidak mudah tentunya mengubah prilaku buruk penumpang yang telah terbentuk selama  berpuluh puluh tahun lamanya.Aksi vandalisme dan rasa kurang pedulinya masyarakat terhadap fasilitas publik yang telah mendarah daging sepertinya hal yang mustahil untuk dihilangkan.Tingkah laku curang penumpang dengan tidak membeli tiket dan aksi acrobatnya diatas atap kereta sangat mengganggu perkembangan kereta komuter hingga pihak pengelola kereta listrik harus terus terusan menanggung   kerugian.Memenangi  perang melawan kesemrawutan tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa dan patut dibanggakan.Dibutuhkan visi yang jelas dan ketegasan dalam  melakukan pembenahan semua itu. Demi perbaikan semua itu,meski jauh dari kata sempurna tapi ini  tetap merupakan pencapaian prestasi yang patut diacungi jempol untuk semua pihak pengelola kereta komuter listrik .

Kini menginjak usia 89 tahun keberadaan kereta komuter listrik semenjak  pertama kali dibangun dan digunakan pemerintah koloni hindia Belanda pada tahun 1925, visi pengelolaan kereta api komuter listrik semakin jauh kedepan.Di harapkan awal tahun 2016 penambahan proyek jalur elektrifikasi rel kereta selesai dan mulai dapat digunakan menjangkau sampai kota Cikarang yang berjarak puluhan kilometer dari Jakarta.Penambahan jarak  jalur rel kereta api listrik otomatis akan diimbangi penambahan jadwal pemberangkatan kereta komuter.Dengan demikian memudahkan warga yang tinggal dikawasan tersebut karena kawasan mereka terintregasi dengan ibukota.Ini adalah berita yang baik karena ekonomi akan lebih bergairah.Tingkat pengguna transportasi massal ular besi ini juga diprediksi akan meningkat tajam, dari sekarang  yang rata-rata mengangkut 500-600 ribu penumpang perhari  mungkin akan membengkak menjadi jutaan penumpang perhari dalam beberapa tahun kedepan. kemudahan dalam bertranportasi ini juga diharapkan akan memicu  tumbuhnya  minat masyarakat terhadap penggunaan transportasi publik ketimbang kendaraan pribadi. Dengan demikian mampu meminimalisir tingkat kemacetan jalan-jalan diwilayah Jakarta raya dan mengurangi dampak bencana kerusakan lingkungan yang semakin polutif. Diharapkan ini menjadi salah satu tonggak atas upaya pemecahan permasalahan yang kerap menimpa ibukota yang semakin sengkarut . 

penampakan stasiun kota yang memadukan modernisasi dan gaya kolonial

kursi tunggu penumpang membuat penumpang dengan tertib dan sabar menunggu kereta api yang akan mereka naiki





0 Response to "Nyamannya nenggunakan komuter KRL Jabotabek"

Posting Komentar